Cara Memelihara Bunga Euphorbia Supaya Subur Dan Berbunga Lebat

Buat Tanaman Subur
Sebelum dibungakan buat tanaman subur. Buat media tanam yang gembur dan poros. Campuran tanah merah boleh juga pasir, pupuk kandang terutama kotoran kambing, serta humus bambu dengan perbandingan 20% : 30 % : 30 % sisanya bisa ditambahkan sekam bakar. Berbeda dengan tanaman sekulen lain euphorbia suka dengan air oleh karena itu untuk daerah panas lakukan penyiraman setiap hari.

Dikurung
Letakan tanaman ditempat yang teduh dan ternaungi selama 2-3 bulan setelah itu tanaman dikeluarkan dan dilakukan pemupukan sehingga tanaman memiliki cabang yang banyak dan dari cabang itu akan bermunculan bunga. Lalu beri pupuk super bionik dengan dosis sesuai anjuran. Agar rajin berbunga terus menerus pupuk lengkap sebulan sekali harus diberikan karena akan mempertinggi frekwensi berbunga dan warna bunga akan semakin cemerlang.

Jangan Di Campur
Jika Anda memelihara lebih dari 1 jenis Euphorbia jangan menempatkannya dengan cara dicampur. Bunga Euphorbia yang berbunga besar kelamaan bunganya akan mengecil jika penempatannya digabung dengan Euphorbia yang berbunga kecil dan sifat ini akan terbawa pada keturunannya.

Sumber : TRUBUS