Lidah Buaya Sembuhkan Ambeien

dr. Endang Purbandari, salah seorang dokter di klinik PMI Surabaya berbagi pengalamannya tentang pengobatan penyakit ambeien. ”Empat tahun lalu saya sakit ambeien dan kambuh hampir setiap hari. Setelah minum lidah buaya sekarang saya amat jarang sakit. Saya minum hanya kalau lagi sakit saja.”

Menurut dokter itu, cara penyajiannya mudah. Daun lidah buaya dibuang bagian kulitnya yang berwarna hijau. Bagian yang bening dan berlendir lalu dipotong-potong. Untuk menghilangkan lendirnya, potongan daging daun sebanyak kurang lebih ½ gelas itu disiram air panas kemudian ditiriskan. Saat akan dimakan, ke dalam gelas ditambahkan air matang sampai menjadi ¾ gelas. Ini diminum sehari sekali sampai sembuh.

Menurut Dr. Suwijoyo Pramono, Apt. pakar tanaman obat Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta lidah buaya bagus jika dikombinasikan dengan daun handeuleum. Untuk kombinasi kedua jenis tanaman obat itu, Suwijoyo Pramono menyarankan, lidah buayanya disajikan dengan dicampur madu. Sementara daun handeuleumnya direbus. Keduanya diminum bersama-sama.

Sumber : TRUBUS