Sosapu (Sidaguri / Otok – Otok) Sembuhkan Asam Urat

Ny. Martha (samaran) karyawan kantor Kejaksaaan Tinggi Sulawesi Utara sudah lama menderita asam urat. Bila asam uratnya kambuh, rasa sakit menyerang di persendian kaki kanannya, kemudian pindah ke kaki kiri dan akhirnya sampai ke jemari tangan kanannya. Ia sudah mencoba berobat dengan resep dokter namun berhenti karena khawatir obat-obatan tersebut hanya berfungsi sebagai analgesik atau pereda rasa sakit saja. Sakitnya hilang tapi bengkaknya tetap bercokol.

Suatu pagi Martha terpaksa naik oplet (angkutan kota Manado) lantarn mobilnya rusak. Secara tidak sengaja ia mendengar pembicaraan dua wanita sebaya dirinya yang membicarakan tentang rumput sosapu yang akarnya ampuh untuk mengurangi kadar purin. ”Ini yang kucari” cetus Martha dalam hati. ”Saya sampai tidak bisa konsentrasi bekerja siang itu karena terus mengingat untuk minum rebusan akar sosapu agar asam uratnya sembuh dan tidak perlu berpantang makan”.

Sesampainya dirumah ia mencari rumput hasil nguping tadi. Ternyata mudah dicari dipekarangannya. Pada malam hari Martha mempraktekan resep hasil curi dengar itu. Ia merebus akar sosapu hingga airnya mendidih. Keesokan harinya, segelas air godogan diminum. Seminggu berlalu tanpa rasa nyeri yang selama ini di derita.

Mesti terasa bermanfaat tetapi Martha baru berani mencoba khasiat sosapu itu seminggu kemudian. Ia mulai memakan makanan yang dilarang oleh dokter. Hasilnya ternyata keluhan sakit akibat asam urat yang seharusnya datang tidak ada. Dokter sampai heran melihat hasil chek up nya. Kadar purin turun sampai mendekati normal.

Cara menyiapkan rebusan akar sosapu ini mudah. Cabut 5, 7 atau 9 batang tanaman, ambil akarnya saja, dicuci bersih dan direbus dalam 2 gelas air minum. Biarkan sampai mendidih dan diamkan semalaman dalam gelas tertutup. Besok harinya air tersebut diminum sebelum minum teh atau kopi. Akar yang telah direbus tidak bisa dipakai lagi.

Sumber : TRUBUS