Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas

Banyak pilihan jika anda ingin membeli mobil bekas, namun kadang kadang kita kurang hati hati dan cermat sebelum memutuskan pilihan. Berikut beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda mendapatkan mobil impian anda.

1. Tujuan Pembelian
Tentukan tujuan atau motif anda membeli mobil: pribadi, keluarga, pekerjaan dll.
2. Jenis mobil
3. Kemampuan Keuangan
Pelajari kemampuan anda untuk membeli, disini bukan sekedar masalah harga, namun juga masalah biaya biaya yang akan dikeluarkan setelah membeli, mis : pajak, konsumsi BBM, servis dll. Jika anda tidak cukup uang untuk membeli, leasing atau bank dapat membantu anda.
4. Jika anda membeli secara kredit, periksa rincian kredit serta jangan lupa baca dengan seksama perjanjian kredit anda sebelum menandatangani perjanjian.
5. Periksa Surat dan dokumen kendaraan, STNK, BPKB, buku Keur(untuk kendaraan Pick Up dan Umum), jika perlu cek nomer rangka dan mesin serta cek ke kantor SAMSAT.
6. Periksa kembali kondisi kendaraan, bawa kenalan atau orang yang mengerti tentang mobil, anda juga bisa meminta bantuan mekanik bengkel untuk memberikan gambaran kondisi mobil tersebut.
7. Selalu bertransaksi dengan aman! ada uang ada barang, jika anda akan menutup transaksi, pastikan mobil benar benar sesuai dengan kondisi yang sesuai dengan perjanjian. Hindari memakai uang tunai, ajak penjual untuk bertransaksi di bank sehingga anda tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar secara tunai.
8. Selamat menikmati kendaraan anda :) [Sumber]