Makanan Penambah Kesuburan

Kesuburan merupakan hal yang penting bagi seseorang yang sudah berumah tangga, pasalnya kesuburan akan mempermudah untuk memiliki anak atau penerus generasi kita. Bagi anda yang bermasalah dengan kesuburan, berikut adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk menambah kesuburan tanpa efek samping :

Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki sifat dicerna lebih lambat di dalam tubuh, yang membantu meningkatkan ovulasi. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak Omega-3, asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada peningkatan hormon serta meningkatkan kualitas baik sperma atau pun sel telur.

Buah dan sayuran berwarna cerah
Buah-buahan segar dan sayur-sayuran kaya antioksidan dan fitokimia yang membantu menghilangkan radikal bebas yang menghambat kesuburan

Daging ayam
Daging ayam mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh kita salah satunya adalah protein dan zat besi. Protein berguna untuk pertumbuhan sel-sel dan zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah sehingga tidak terjadi anemia. Kedua manfaat tersebut sangat penting bagi perempuan yang sedang berusaha untuk hamil. Besi dan protein sangat penting bagi perempuan sebelum dan selama kehamilan.

Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian dapat membantu meningkatkan kesuburan, tidak seperti karbohidrat yang ditemukan dalam roti olahan dan nasi putih.

Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung Omega 3, Omega 3 dapat meningkatkan kualitas baik sperma atau pun sel telur, sehingga itu menjadi penting untuk kesuburan bagi pria dan wanita yang berusaha untuk hamil.

Susu, keju, yogurt, dan es krim
Kalsium merupakan nutrisi penting bagi perempuan dalam semua tahap kehidupan, termasuk kehamilan. Kalsium untuk mendukung perkembangan tulang bayi, serta untuk menjaga pasokan kalsium tubuhnya sendiri dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Telur
Telur kaya akan vitamin dan nutrisi penting seperti protein dan kolin. Asupan kolin sangat dibutuhkan sebelum dan saat kehamilan karena meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap asam folat.