PRODUK UTAMA

SANREGOPLUS | Jamu herbal obat kuat alami dari kisah kuda liar

Si pengembala semakin penasaran, makan tanaman apa sehingga kuda jantan itu tidak puas hanya dengan satu betina... berkali-kali.


Sabtu, 30 November 2013

Jus Pare: Obat Diabetes Tradisional Sebagai Hipoglikemik

Penyakit Diabetes merupakan penyakit kronis yang umumnya menyerang orang dewasa. Jika tidak ditangani dengan benar, prognosisnya sangat buruk, karena dapat memicu komplikasi yang mematikan.  Obat diabetes tradisional biasanya diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan dan berbagai hasil alam lain yang diketahui mempunyai khasiat mengobati diabetes. Salah satunya adalah sayuran tropis pare atau paria.


Khasiat pare untuk diabetes

Pare telah lama digunakan sebagai tanaman obat tradisional di wilayah Asia, Afrika, dan Amerika, bahkan termasuk di Indonesia. Tanaman ini lazim dikonsumsi sebagai sayuran pendamping nasi. Bahkan ada yang mengkonsumsinya dalam keadaan mentah, sekalipun rasanya pahit. Tanaman obat diabetes tradisional ini kaya akan steroid saponin, atau yang disebut charantin. Senyawa ini merupakan peptida yang berfungsi menyerupai insulin untuk membakar gula darah. Senyawa aktif ini juga bekerja untuk merangsang regerasi sel dan mengembalikan fungsi pankreas.

Cara aman mengkonsumsi pare untuk diabetes

Pare biasanya digunakan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2, khususnya diabetes basah. Ramuan obat disiapkan sebagai jus dengan cara meremasnya. Namun, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pare dalam jumlah banyak, karena dapat memicu sakit perut atau diare. Dosis setengah 50-60 ml jus pare secara teratur sudah cukup untuk mengendalikan kadar glukosa dalam darah.

Selain itu, anda yang sedang menggunakan obat-obatan hipoglikemik seperti glyburide, phenformin, atau klorpropamid, maupun insulin sebaiknya tidak mengkonsumsi obat diabetes tradisional ini secara berlebihan. Senyawa aktifnya akan memperkuat fungsi obat hipoglikemik, sehingga dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah secara berlebihan, dan anda bisa menderita hipoglikemia berat.