Obat Penyakit Diabetes Gestasional – Diet dan Olah Raga

Selain diabetes tipe 1 dan tipe 2, sesungguhnya ada satu jenis penyakit diabetes lagi, yakni diabetes gestasional. Diabetes tipe ini terjadi pada wanit hamil yang mengalami kenaikan gula darah melebihi ambang batas normal. Secara spesifik, obat penyakit diabetes gestasional tidaklah serumit pengobatan untuk diabetes tipe 1 atau 2.



Mengapa diabetes gestasional perlu diobati

Sebagian ibu hamil merasa kondisinya tidak perlu dikhawatirkan karena memang diabetes gestasional akan hilang setelah melahirkan. Dokter juga tidak secara khusus meresepkan obat penyakit diabetes untuk ibu hamil, karena obat-obatan kimia yang beredar di pasaran dapat membahayakan ibu maupun janinnya. Namun, jika tidak dikendalikan dengan baik, diabetes gestasional dapat membahayakan ibu dan janin pada saat proses persalinan. Selain itu, anak yang lahir dari ibu yang menderita diabetes saat kehamilan juga rentan mengalami diabates dalam perkembangannya di kemudian hari.

Pengobatan diabetes gestasional
Pertambahan berat badan secara berlebihan secara kehamilan dapat memicu diabetes gestasional. Untuk itu, ibu harus melakukan olah raga secara teratur, seperti berjalan atau berenang, atau sesuai rekomendasi dokter. Lakukan pengecekan gula darah secara rutin untuk memastikan kadar glukosa di dalam darah anda tetap berada pada kisaran normal.

Obat penyakit diabetes gestasional yang paling aman adalah diet, mengendalikan gula darah, dan olah raga.  Namun, diet maupun olah raga harus dilakukan di bawah pengawasan dokter, karena diet berlebihan atau olah raga yang tidak tepat justru dapat membahayakan ibu dan bayi. Diet sehat untuk penderita diebetes gestasional adalah buah-buahan segar, sayuran, makanan rendah kalori dan lemak kurang dari 30%, serta jenis padi-padian.