Tips Cara Perawatan / Penanganan Pasca/ Setelah Operasi Caesar (Sesar / Secar)

Ini adalah hari ke-15 setelah istriku terpaksa dioperasi Caesar (Sesar / Secar) untuk melahirkan anak ku. Bukan pengalaman yang menyenangkan. Inginnya sih bisa melahirkan normal tapi apa daya waktu itu ketuban sudah pecah sementara tensi istriku sampe 210 dan setelah perawatan cuma turun sampe 180 ditambah lagi ketika diperiksa bidan bilang jalan bayi seperti terhalang oleh plasenta. Jadi ketika dokter klinik menyarankan operasi Caesar (Sesar / Secar) aku cuma bisa bilang "lakukan saja klo itu jalan satu-satunya yang terbaik".

Proses operasi Caesar (Sesar / Secar) sendiri untuk mengambil bayinya sangat cepat, paling cuma perlu waktu 5-10 menit semenjak operasi dimulai. Tapi yang lama adalah penyelesaian sisa operasi pada ibu si bayi yang butuh waktu sekitar kurang lebih 2 jam. Moment terberat saat harus menerima operasi Caesar (Sesar / Secar) selain ketika mengantar istri untuk mulai operasi juga adalah ketika operasi baru selesai dilakukan karena anda akan melihat istri anda tergeletak tidak sadarkan diri karena pengaruh anestesi/ pembiusan dengan wajah pucat membiru dan badan yang hanya ditutupi lembaran kain penutup dimana sekitar badan bagian bawah berlumuran darah sisa operasi yang belum dibersihkan.

Ketika mulai sadarkan diri keluhan rasa sakit adalah hal yang mungkin akan anda dengar dari sang istri. Saat itu hal yang bisa dikatakan untuk menghibur cuma bilang "sabar ya, alhamdulillah bayinya sehat". Ketika obat pengurang sakit sudah diinjeksikan ke tubuh penderitaan akibat rasa sakit sedikit berkurang akan tetapi pasien masih belum bisa makan atau minum selama 24 jam atau setelah kentut (buang angin).

Untuk Anda yang harus mengalami operasi Caesar (Sesar / Secar) yang perlu diperhatikan adalah :
  • pastikan betul operasi adalah satu-satunya jalan terbaik yang bisa diambil
  • minta dokter untuk melakukan metode jahitan terbaik yang bisa meminimalisasi bekas lukanya
  • banyak berdoa
  • sang ibu setelah operasi jangan khawatir untuk banyak bergerak secara terbatas (kecuali mengangkat beban yang berat) karena akan membantu proses penyembuhan
  • luka bekas operasi jangan sampe kena air
  • memakan makanan bergizi terutama protein untuk membangun sel-sel dan jangan berpantang
  • lakukan penggantian perban dengan hati-hati, larutan betadin jangan samapi terlalu banyak ketika mengganti perban tetapi diusahakan kesat sehingga perban tidak menempel ketika harus diganti
Itu mungkin beberapa tips yang bisa diberikan, namun ada satu lagi yang mungkin sangat berguna yaitu meminum obat china ZHANGZHOU. Harganya memang sangat mahal tapi khasiatnya aku lihat langsung karena setiap hari harus ganti perban istriku. Luka bekas operasi jadi cepat kering, menghilangkan sakit, menghindarkan demam dan peradangan serta menjauhkan infeksi. Obat itu diminum 2-3 kali sehari dan dosisnya cuma 6 kapsul, diminum 1 kapsul setiap 2 jam setelah mengkonsumsi obat dari dokter. Bentuk awalnya berupa padatan oval yang rasanya pahit tapi kemudian diblender/ dihancurkan dan dimasukan ke dalam tablet yang hasilnya jadi 6 tablet.

Dari pengalamanku juga pengalaman beberapa orang yang memang ternyata sudah banyak sekali yang pakai obat ini dengan mengkonsumsi 6 kapsul obat ini selama 2 hari luka operasi jadi cepat kering dan menghindarkan munculnya nanah karena infeksi.

Cuma ada satu catatan yang mengganggu ketika memakai obat ini, yang itu baru aku sadari setelah obatnya habis diminum yaitu kandungan obatnya kurang terinci jelas. Hal ini menggangu justifikasi halal / haramnya. Pertama kali aku lihat brosur dikemasannya mungkin karena aku kurang teliti yang aku lihat cuma tulisan china yang aku sama sekali ga bisa baca. Tapi ketika obat sudah habis diminum karena ada anggota keluarga yang penasaran buka-buka kemasannya ternyata di brosurnya juga ada tulisan bahasa inggrisnya. Hal yang bikin aku nyesel disana tertulis salah satu bahannya adalah snake's gall. [posted by : budiono (081 320 321 322) - kenangan 27 april 2008]