Khasiat Tanaman Brotowali Sebagai Obat Alami Diabetes

Banyak tanaman obat yang diketahui dapat mengatasi diabetes, baik diabetes basah maupun kering. Sebagian, seperti ekstrak kulit manggis maupun ekstrak daun sirsak, telah dikembangkan secara  moden untuk menjadi sediaan obat siap minum. Sesungguhnya, masih banyak obat diabetes alami yang bisa anda coba, salah satunya adalah brotowali (Tinaspora Crispa) – sejenis tanaman merambat dengan daun berbentuk hati.


Senyawa aktif tinokrisposid

Brotowali mengandung senyawa aktif yang disebut tinokrisposid (tinocrisposide). Senyawa aktif ini bekerja untuk mempercepat ekskresi glukosa dengan memperbaiki metabolisme, atau membakar gula darah menjadi lemak yang disimpan sebagai cadangan energi di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa obat diabetes alami dari esktrak brotowali dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan dan memperbaiki fungsi insulin. Selain itu, tanaman ini tidak mengandung toksin, sehingga aman dikonsumsi.

Menyiapkan ramuan brotowali

Bagian tanaman brotowali untuk ramuan obat diabetes adalah akar dan batangnya. Obat herbal alami ini digunakan bersama ramuan herbal lainnya sehingga khasiatnya lebih cepat diperoleh. Untuk menyiapkan ramuan obat diabetes ini, ambil 5 cm batang/akar brotowali dan rebus dalam 3 gelar air bersama 10 lembar daun sambiloto dan 8 lembar daun kumis kucing. Sisakan sekitar 2 gelas dan minum dua kali sehari. Dosis sekali minum adalah setengah gelas.

Rasanya memang pahit, apalagi ramuan obat diabetes alami ini dicampur dengan daun sambiloto yang terkenal pahit. Namun, demi kesehatan yang anda dambakan, rasa pahit tentunya bukanlah suatu masalah.