Macam-Macam Obat Diabetes Melitus

Penyakit diabetes terdiri dari beberapa jenis dan beberapa tipe yaitu diabetes insipidus dan diabetes mellitus. Diabetes mellitus sendiri terdiri dari tipe 1 dan tipe 2. Kemudian, adalagi diabetes gestasional yang terjadi pada wanita hamil. Dari jenis penyakit ini, diabetes mellitus merupakan tipe yang paling lazim terjadi. Obat diabetes melitus pertama adalah suntikan insulin, meskipun saat ini sejumlah obat alternatif telah dikembangkan.


Suntikan insulin
Diabetes mellitus tipe 1, yang umumnya terjadi pada anak-anak, bisa ditangani dengan suntikan insulin untuk membantu pembakaran gula darah. Pada tipe ini, kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi insulin sehingga harus diberi bantuan dari luar. Suntikan insulin diberikan secara rutin setiap harinya agar kadar gula dalam darah terkontrol. Itulah sebabnya, diabetes tipe ini juga dikenal dengan diabetes mellitus yang tergantung insulin (insulin dependent diabetes)

Sementara itu, penderita diabetes mellitus tipe 2 tidak tergantung kepada suntikan insulin. Pada tipe ini, kelenjar pankreas sebenarnya memproduksi insulin sebagai obat diabetes mellitus namun tubuh penderita resisten terhadap insulin tersebut, sehingga insulin yang dihasilkan tidak bisa membakar gula darah. Penederita tipe ini harus benar-benar memperhatikan gaya hidup, baik makanan maupun olah raga, untuk meringankan kondisinya.

Obat tradisional
Beberapa obat tradisional diabetes mellitus yang cukup dikenal adalah ekstrak kulit manggis, daun sirsak serta jelly gamat. Obat-obatan terus dikembangkan dari segi formulasi maupun keamanan kemasannya. Kandungan pada bahan-bahan tersebut sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Penggunaan bahan-bahan ini sebagai obat diabetes mellitus sebaiknya dilakukan dengan benar, sehingga khasiatnya lebih optimum.