Manfaat Ekstrak Kulit Manggis Sebagai Obat Herbal Diabetes

Ketika memakan buah manggis, tentu kulit adalah bagian yang menjadi limbahnya. Namun siapa sangka bahwa kulit manggis yang selalu dibuang tersebut mengandung manfaat yang luar biasa sebagai obat herbal diabetes. Kulit manggis diyakini mengandung senyawa yang berperan sangat aktif untuk mengatasi diabetes. Seperti apa kandungan tersebut bekerja?



Senyawa xanthone pada kulit manggis

Senyawa aktif yang berperan dalam kulit manggis sebagai obat herbal diabetes adalah zat xanthone. Zat ini merupakan zat antioksidan yang berperan aktif untuk:
o    Menangkal radikal bebas
Senyawa xanthone juga berfungsi untuk mengurangi resistensi insulin. Resistensi insulin merupakan penyebab utama dari siabetes.
o    Mengontrol kadar kolesterol di dalam darah
Antioksidan yang ada dalam kulit manggis ini juga bisa mengontrol kadar kolesterol di dalam darah sehingga secara otomatis dapat mengurangi kadar gula dalam darah penderita diabetes.

Jika dikonsumsi secara rutin, maka obat herbal dari kulit manggis ini bisa mencegah terjadinya komplikasi akibat penyakit diabetes. Apabila penyakit diabetes sudah mulai menimbulkan penyakit lain, maka hal tersebut sudah dikatakan cukup parah dan pengobatannya pun semakin sulit.

Jadi, ketika anda memakan buah manggis, mulai sekarang jangan hanya menikmati buahnya saja. Namun rasakan juga manfaat luar biasa dari kulitnya. Obat herbal diabetes dari kulit manggis ini bisa dibuat sendiri sebagai jus. Namun, jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkannya secara segar atau anda kurang menyukai rasanya, maka alternatifnya adalah sediaan obat herbal siap minum.