Obat Herbal Alternatif Penyembuhan Penyakit Yang Aman

Obat Herbal
Teknologi dunia medis yang semakin  tetap tidak membuat masyarakat Indonesia melupakan lingkungan sekitar dengan berbagai bahan alami yang dapat menjadi obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Alam sebenarnya telah memberikan kita berbagai macam jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Bagian tanaman yang digunakan bervariasi, baik itu akar, batang, daun ataupun buahnya sebagai pengobatan suatu jenis penyakit disebut sebagai OBAT HERBAL.


Apa itu OBAT HERBAL?
Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 246/Menkes/Per/V/1990 Pasal 1, OBAT HERBAL atau obat tradisional adalah obat yang diformulasikan dari bahan atau ramuan bahan yang berasal dari tanaman, bahan hewan, mineral, formulasi galenik atau campuran dan bahan-bahan tersebut. Ramuan tersebut telah digunakan oleh masyarakat tradisional untuk pengobatan sesuai dengan pengalaman, pengetahuan kuno, maupun keyakinan.

Ada lagi yang mengatakan bahwa OBAT HERBAL adalah obat yang berasal dari tumbuhan yang diproses sedemikian rupa untuk menjadi obat tetapi dalam prosesnya tersebut tidak menggunakan zat-zat kimia melainkan memanfaatkan zat-zat kimia yang sudah terkandung di dalam tumbuhan tersebut. Apapun penjelasannya, obat tradisional herbal ini sekarang telah banyak digunakan sebagai pengobatan beberapa penyakit seperti wasir, asam urat, sakit gigi, bahkan terhadap penyakit-penyakit berat seperti penyakit jantung, hipertensi dan diabetes.

Pengolahan Tumbuhan Sebagai OBAT HERBAL
Seperti yang sudah disebutkan di atas, pengobatan menggunakan tanaman obat tradisional ini memanfaatkan berbagai zat-zat kimia yang memang sudah terkandung di dalam bagian tumbuhan itu sendiri. Berbagai macam zat kimia dengan fungsi yang berbeda-beda ini dapat menjadi penyembuh bagi beberapa penyakit. Nantinya tanaman yang akan digunakan sebagai obat ini akan diproses melalui proses ekstraksi. Tujuannya adalah untuk menghasilkan zat yang mengandung senyawa aktif dari bahan alam dengan menggunakan pelarut (eluent) yang sesuai. 

Dalam proses ekstraksi, pelarut yang digunakan harus benar-benar cocok untuk tanaman tersebut agar mampu mendapatkan ekstrak senyawa aktif yang berfungsi untuk penyembuhan. Hasil ekstraksi inilah yang sangat efektif digunakan untuk penyembuhan karena di dalamnya hanya terkandung zat-zat efektif yang mempunyai fungsi tertentu. Contohnya minyak atsiri yang berfungsi sebagai antibakteri dan flavonoid sebagai antioksidan, anti radang anti inflamasi. Namun selain proses ekstraksi tersebut, ada beberapa tanaman obat yang juga berpotensi sebagai OBAT HERBAL yang dapat diproses secara sederhana seperti direbus dan ditumbuk sampai halus.

Terapi herbal
Selain khasiatnya yang tinggi dan ampuh untuk beberapa jenis penyakit, terapi herbal kini banyak digunakan masyarakat karena harganya yang terjangkau bila dibandingkan dengan obat-obat medis lainnya. Sekarang ini ada beberapa OBAT HERBAL yang sudah diakui di dalam dunia medis dan telah melalui tiga uji penting, yaitu:
  1. Uji preklinik, yakni uji khasiat dan toksisitas
  2. Uji teknologi farmasi yang digunakan untuk menentukan identitas atau senyawa berkhasiat sehingga dapat dibuat suatu produk yang terstandarisasi
  3. Uji klinis yang ditujukan kepada pasien sehingga OBAT HERBAL tersebut dapat diresepkan dokter dan beredar di pusat pelayanan kesehatan.
Apa Saja Keunggulan OBAT HERBAL?
Tanaman obat tradisional atau herbal sekarang sudah tersebar luas di masyarakat. Mulai dari masyarakat yang tinggal di pedesaan sampai perkotaan, sekarang sudah mulai mencoba-coba pengobatan tradisional ini. Lalu apa saja yang menjadi keunggulan OBAT HERBAL sehingga begitu banyak digunakan masyarakat untuk pengobatan? Berikut jawabannya:
  1. Bebas efek samping, Sampai saat ini belum ada dilaporkan efek samping yang berbahaya akibat penggunaan pengobatan herbal. Hal ini karena bahan-bahan yang digunakan adalah murni dari kandungan senyawa alami tanaman tersebut dan dalam proses pengolahannya tidak melibatkan zat-zat kimia dari luar.
  2. Bebas toksin, Tidak seperti obat medis atau obat farmasi yang ketika salah dalam penggunaannya akan dapat memberikan efek toksin bagi tubuh, pengobatan secara herbal justru dapat mengeluarkan toksin-toksin yang terdapat di dalam tubuh secara alami.
  3. Murah, Apabila dibandingkan dengan obat farmasi, pengobatan herbal jauh lebih murah harganya. Hal ini menjadi salah satu faktor utama kenapa sekarang masyarakat cenderung untuk melakukan pengobatan herbal. Harga murah dan terjangkau ini sangat bermanfaat bagi orang-orang kurang mampu yang tidak bisa mendapatkan obat farmasi.
Itulah pengenalan mengenai OBAT HERBAL yang sekarang sudah banyak digunakan masyarakat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Tidak ada salahnya mencoba pengobatan ini karena terapi herbal termasuk terapi yang aman. Semoga bermanfaat.