Spesifikasi dan Harga Mobil Murah : Ayla, Agya, Wagon R dan Honda Brio

Perusahaan otomotif kelas internasional asal Jepang seperti Daihatsu, Toyota, Honda dan Suzuki memang sangat mendominasi pasar otomotif dunia, termasuk Indonesia. Hampir semua masyarakat di Indonesia yang memiliki kendaraan roda empat memilih beberapa merk ternama tersebut sebagai pilihan untuk berkendara. Tak mengherankan jika produk otomotif tersebut laku pesat, terutama karena mobil murah besutan mereka diarahkan untuk kelas menengah yang jumlahnya terus bertambah.

Perbandingan Empat Mobil Murah Indonesia

mobil murah daihatsu ayla

·      Daihatsu Ayla
Semua type Daihatsu Ayla memiliki berat yang sama 750 kg, dan untuk ukuran body dengan panjang 3430 mm, lebar 1615 mm, tinggi 1465 mm. Begitu pula dalam hal mesin, walaupun dikeluarkan dalam banyak varian, semuanya memiliki tenaga penggerak yang sama, dengan kapasitas 998 cc yang dilengkapi 3 silinder sistem DOHC. Daihatsu Ayla memiliki 12 Valve yang dapat menghasilkan tenaga penggerak maksimal sebesar 65hp pada torsi 6000rpm.

Untuk masing-masing tipe Ayla yang keluar saat ini perbedaannya terletak pada desain interior dan eksterior. Desain yang telah dikonsep secara matang dimana tampak luar mobil ini terlihat mini namun di dalamnya cukup lega dan bisa menampung hingga 5 orang. Begitu pula untuk ukuran bagasi, anda tak perlu ragu untuk membawa barang keperluan karena bagasi Ayla sudah didesain untuk barang bawaan yang cukup banyak. Adapun beberapa varian yang tersedia baik manual maupun matic diurut berdasarkan harga antara lain : Type D MT, D MT Plus, M MT/AT, X MT/AT, dan Elegant MT/AT.

mobil murah toyota agya

·      Toyota Agya
Untuk kapastitas mesin, mobil murah Toyota Agya tidak jauh berbeda dari Ayla yaitu 999 cc dengan tenaga penggerak yang sama 6000 rpm, untuk torsi maksimal mesin pun 85Nm/3600rpm. Agya selain lebih murah dari seri hatchback lainnya, juga irit bahan bakar dan tetap ramah lingkungan karena mesin yang digunakan didukung oleh konsep green technology.

Jika dibandingkan dengan Daihatsu Ayla, bobot Agya memiliki berat sedikit dibawah yaitu 746 kg, namun lebih panjang dan lebih tinggi yaitu 3580 mm dan 1510 mm. Desain interior benar-benar mengedapankan kenyamanan berkendara dengan ruang kaki yang lebih luas dibanding Yaris sehingga pengemudi maupun penumpang lebih leluasa bergerak. Untuk type, Agya terdiri dari 3 jenis yaitu : Type E, Type G, dan Type TRD-S dan untuk tiap varian memiliki spesifikasi khusus yang berbeda. 

mobil murah honda brio satya

·      Honda Brio Satya
Salah satu merk ternama yang satu ini juga tidak ingin ketinggalan dalam persaingan. Jenis Honda Brio Satya khusus dikeluarkan untuk melengkapi persaingan mobil murah di Indonesia. Hatchback yang satu ini memiliki feature yang tidak kalah dari jenis hatcback lainnya. Desain eksterior pun terlihat lebih modern dan sesuai untuk keluarga karena bagian dalamnya yang cukup luas.

Dibanding Agya dan Ayla, Brio Satya memiliki ukuran yang lebih lebar dan lebih panjang, yaitu 1680 mm dan 3610 mm serta muat 5 penumpang. Untuk urusan mesin tak perlu diragukan walaupun harga tergolong murah, standar teknologi mesin Honda diakui di Benua Eropa. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat Euro 4. Kapasitas mesin cukup besar yaitu 1200 cc yang dilengkapi dengan 4 silinder i-VTEC. Dengan daya maksimal 88 PS/6000 rpm dan maksimal torsi 109 Nm/4500rpm. Varian yang dikeluarkan ada 3 jenis yaitu Honda Brio A, S, dan E dengan transmisi manual. 

mobil murah suzuki wagon R

 ·      Suzuki Wagon R
Merk mobil murah selanjutnya adalah Suzuki Wagon R, jenis karimun terbaru ini memiliki desain interior yang lebih luas dibanding keluarga Karimun sebelumnya. Keluarga Indonesia tentunya mendambakan jenis Wagon R yang lebih nyaman dan luas. Dibanding ketiga saingannya di atas, Ayla, Agya, dan Brio Satria, Wagon R lebih tinggi. Hal ini terlihat jelas dari eksterior yaitu 1.670 mm. Kapasitas mesin 998 cc mampu mengeluarkan tenaga penggerak sampai 65 PS pada putaran 6.200 rpm, dan urusan torsi, jenis Karimun yang satu ini menjadi pemimpin dengan 90 Nm pada putaran 3.500 rpm.

Mobil murah di atas sangat laris di pasaran bukan hanya karena harga yang cukup terjangkau, yaitu antara Rp. 70-115 Juta. Kendaraan roda empat tersebut juga handal dalam teknologi mesin, serta interior dan eksterior yang modern dan futuristik. Ekserior yang berukuran mini namun memiliki ruang interior yang lapang sehingga memberi kenyamanan saat mengemudi, bahkan untuk penempatan barang di bagasi. Bagi yang sedang mencari mobil dengan harga terjangkau namun tetap efisien, salah satu type mobil di atas mungkin dapat menjawab rasa penasaran anda

Pencarian terkait : mobil murah 2014, toyota agya, kredit mobil murah, mobil murah datsun, mobil murah toyota, mobil baru murah.

Ditulis Oleh : Agung Budiono // Thursday, April 03, 2014
Kategori: